"Ctrl + D" to Bookmarks. You could open everytime you want

Friday 11 October 2013

Mukena Bordir

Mukena Bordir

Apa sih mukena bordir itu? Mukena bordir itu mukena yang dihiasi dengan bordiran di sekeliling mukenanya. Bisa pojok, bisa di tengah juga bisa di punggungnya. bahannya apa? Kalo mukena bordir tidak berpengaruh kepada bahan... jadi bahannya bisa katun, bisa satin youryo bisa juga setera. Jadi Mukena bordir itu lebih kepada identitas jenisnya bukan bahan nya. Bagaimana dengan mukena yang sekarang beredar di pasaran. Memang karena perkembangan teknologi cukup pesat, sekarang bordir tidak dilakukan dengan cara jahit manual, sekarang sudah ada bordir digital. Jadi tinggal klik mousenya... mesin bordirnya sudah jalan.. Sehingga lebih cepat pengerjaanya juga lebih rapi struktur bordirannya.. Berkaitan dengan harga jual. mukena bordir komputer lebih murah. karena bisa produksi masal dalam waktu yang singkat dan cepat. Berbeda dengan bordiri yang dilalukan dengan mesin jahit manual.
Bagaimana dengan mukena bordir eksklusif? Mukena bordir ekslusif tidak bisa dikerjakan dengan komputer? kenapa? karena proses yang pengerjaannya manual dengan tangan, pelanggan juga sering melihat kalau tingkat kesulitan membuat mukena harus dihargai lebih mahal. Jadi mukena bordir juga berkaitan dengan humanisasi perajin dan penjahit. Ini mungki tidak bisa dirasakan dalam produk fashion lainnya, yang dikerjakan dalam skala industri dimana yang bekerja mesin-mesin yang bisa dikendalikan oleh satu atau dua orang saja.
Saat ini, ada beberapa kota penting dalam pembuatan mukena bordir. Jika di jawa timur ada dua kawasan konvensi rakyat yang berkembang pesat: yaitu bangil dan tulungagung. Dua kota itu sudah lama dikenal sebagai kota produksi mukena bordir. Jika di Jawa Barat, tentu kita tidak bisa meninggalkan kota tasikmalaya. Memang sekarang sudak mulai ada mukena bordir yang dibuat di luar kota-kota tersebut, namun sebagai maskot kota itu masih menempel sebagai kota mukena bordir murah. Sehingga ada idiom: mukena bordirtasikmalaya, mukena bordir padang, mukena bordir kudus